google-site-verification: google978461f8aa9ef21b.html Komponen - Komponen Pendukung Freestyle ~ Muhammad Ridha

Komponen - Komponen Pendukung Freestyle


Komponen - Komponen Pendukung Freestyle

Sebelum kita melakukan kegiatan freestyle kita perlu komponen – komponen pendukung freestyle agar kita dapat melakukannya dengan sempurna. Kira – kira apa saja komponen – komponen pendukung freestyle itu broo? ini dia jawabannya broo :



1.    STABILISER


Stabiliser akan membantu saat melakukan manuver ketika wheelie. Saat melakukannya  akan jadi lebih seimbang, karena setang motor gak terlalu ringan. Selain itu, akan lebih mudah mengarahkan motor ketika sedang mengangkat roda depan.
Tanpa banyak kata, stabiliser biasa diatur agar setang bisa seret dan ringan. Ini cukup membantu supaya arah motor ketika roda depan terangkat gak berubah.
Menyimak wejangan, artinya sobat yang lagi tune in freestyle jangan melupakan komponen yang satu ini. Toh, proses pemasangannya mudah dan bisa dicari di toko variasi terdekat.
Ingat! Pemasangan stabiliser paling mutlak untuk dilakukan pada motor bebek. Karena bagian depan motor bebek sangat ringan tidak seperti motor yang jenis sport. Jadi ketika melakukan wheelie arah motor mudah berubah.
Karena panjang dari stabiliser memiliki banyak ukurannya, jadi sesuaikan dengan motor yang kita gunakan. Untuk motor bebeksebaiknya  jangan menggunakan stabiliser yang terlalu panjang, karena akan menggangu maneuver.
Selain masalah panjang stabiliser, pemilihan stabiliser juga penting. Pilih peredam getaran setang yang memiliki tingkat setelan yang banyak, karena mempermudah mencari tingkat kekakuan setang yang cucok.

 2.   SETANG MOTOR


Setang motor yang baik untuk mendukung aksi freestyle justru bawaan dari motor yang berbahan besi. Setang motor model standart membentuk tangan sedikit lebih lebar. Posisi tangan seperti itu memudahkan kita untuk melakukan aksi freestyle.
Jangan pernah menggunakan setang jepit. Posisi setang jepit dirancang rendah layaknya motor sport. Untuk setang jepit biasanya akan banyak menghambat aksi freestyle karena badan tidak ideal (terlalu merunduk).
Selain masalah proporsional tubuh, setang jepit ada bahayanya juga broo. Terutama model variasi yang bahannya tidak bisa dipertanggung jawabkan (mudah patah).
Setang jepit yang menggunakan system jepitan pada selongsong sok pakai mor dan baut lebih mudah bergeser atau tidak kuat, terutama ketika akan melakukan aksi stoppie.
Coba bayangkan ketika stoppie tiba – tiba posisi stang jepit melenceng ? hati – hati broo.


3.   SELANG REM ANYAMAN BESI


Komponen yang satu ini sering kali digunakan pada motor road race supaya saat braking point bias dekat mulut tikungan. Menggunakan selang rem yang bahannya karet jelas akan mengembang karena tidak mampu menahan tekanan minyak rem ketika terjadi pengereman yang sangat kerass.
Begitu pula aksi freestyle, selang rem anyaman besi sanggup meredam selang mengembang, terutama saat melakukan aksi stoppie dan burnout. Akan berbeda kalau kita menggunakan selang karet dengan besi. Proses ngerem ketika stoppie justru akan lebih mudah.


4.   KOPLING MANUAL


Khusus untuk motor bebek yang koplinnya masih semi otomatis, aksi freestyle seperti stoppie, burnout, dan wheelie akan sangat sulit dilakukan. Lebih mudah dilakukan jika motor underbound tersebut menggunakan kopling manual. Hal tersebut karena karakter kopling semi otomatis memang gak sesempurna model kopling manual dalam menyalurkan dan menjinakan tenaga mesin.
Saat ini mengganti system kopling motor bebek jadi manual mudah dilakukan. Took variasi sudah banyak menyediakan perangakat pemindah tranmisi ini untuk berbagai macam jenis motor. Jadi yang masih menggunakan kopling semi otomatis segara ganti broo..hahahaha….

Nah jika semua hal di atas terpenuhi maka sobat akan siap melakukan freestyle,. Sampai jumpa kapan - kapan dan semoga artikel saya bermanfaat buat sobat semua. Terimakasih

Previous
Next Post »
Thanks for your comment